Tips Dapur Menata Makanan di Kulkas Agar Tahan Lama

| January 30, 2013

Tips Dapur Menata Makanan di Kulkas Agar Tahan LamaLemari es atau sering disebut kulkas, didalamnya menyediakan beberapa rak penyimpanan makanan. Masing-masing rak memiliki fungsi dan peruntukannya tersendiri.

Berikut Tips Dapur cara penyimpanan bahan makanan di dalam kulkas agar terjaga ketahanannya, yang bisa anda coba terapkan dikulkas kesayangan anda :

1. Telur. Tempat penyimpanan terbaik untuk telur adalah rak tengah. Sebaiknya tetap menyimpan telur di karton aslinya, bukan memindahkan ke wadah telur yang ada di rak pintu kulkas.

2. Susu. Kecenderungan menyimpan susu di rak bagian atas harus diubah. Sebaiknya simpan susu di rak paling bawah dan bagian dalam yang memiliki suhu lebih dingin.

3. Yoghurt dan keju. Tempat terbaik menyimpan produk olahan susu adalah rak bawah. Perhatikan tanggal kedaluwarsanya karena produk olahan fermentasi yang bersifat asam hanya memiliki daya tahan yang singkat.

4. Daging mentah. Daging harus dikemas rapi dan diletakkan di rak bawah, tempat yang paling dingin. Jika air tetesan daging jatuh, maka tidak akan mencemari seluruh kulkas.

5. Sayuran. Agar sayuran tetap segar lebih lama, simpan di rak kulkas khusus untuk sayuran demi menjaga kelembapannya. Simpan sayuran dalam kemasan aslinya atau di dalam kantung plastik yang terikat namun tetap longgar.

6. Buah-buahan. Simpan buah-buahan dalam rak buah yang memiliki kelembapan rendah. Tetap simpan buah-buah dalam kemasan aslinya atau di dalam kantung plastik, tetapi ikatannya dilonggarkan. Untuk jeruk, sebaiknya disimpan tanpa pembungkus. Tips lain, tak perlu mencuci sayuran dan buah-buahan sampai ketika Anda ingin menggunakannya. Air dapat menyebabkan bakteri dan jamur mudah tumbuh.

7. Daging asap. Daging asap sebaiknya disimpan di dalam laci daging yang paling bawah karena memiliki suhu sedikit lebih dingin dari bagian lemari es lainnya. Atau, jika tidak ada laci tersebut, maka letakkan di rak bawah.

8. Mentega dan keju lunak. Bahan makanan ini tidak memerlukan suhu yang paling dingin sehingga dapat disimpan di rak dekat pintu kulkas. Simpan keju dan olahannya dalam wadah kedap udara setelah kemasan keju dibuka.

9. Bumbu. Cuka dan dan garam secara umum merupakan pengawet alami. Jadi, kecap, mayones, dan saus salad akan baik-baik saja bila diletakkan di rak pintu kulkas, begitupun acar. Minyak zaitun dan minyak nabati dapat disimpan di dapur, tapi untuk minyak kacang, seperti minyak wijen dan kenari, tetap simpan di rak pintu kulkas.

10. Jus jeruk kemasan. Minuman ini dapat disimpan di rak pintu kulkas, asalkan telah dipasteurisasi. Sementara, perasan air jeruk segar sebaiknya disimpan di rak kulkas bagian bawah.

mudah bukan Tips Dapur diatas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba dirumah :)

MORE TIPS HERE:

Tags: , , ,

Category: Alat Masak, Tips Dapur

About the Author ()

Comments are closed.