Makanan Berbahaya Bagi Anak

| May 2, 2012 | 0 Comments

Jajanan Berbahaya bagi AnakBanyak orang tua terutama ibu yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya memberikan makanan anak dengan makanan yang instan dan kurang kandungan gizi yang dibutuhkan, dengan alasan terlalu sibuk bekerja. Kebiasaan anak mengkonsumsi makanan siap saji atau fast food sangatlah buruk bagi kesehatan mereka, mulai dari obesitas, kandungan zat kimia/pengawet yang terkandung dalam makanan, kurangnya asupan gizi yang dibutuhkan, sampai resiko terserangnya berbagai sumber penyakit seperti kanker.

Selain itu, menu sehat bagi Anak tidak hanya berarti menu yang baik ketika anak-anak berada di rumah, tetapi juga ketika mereka pergi bersekolah atau bermain bersama teman-temannya. Perhatikanlah makanan dan jajanan anak, karena anak Anda adalah apa yang mereka makan.

Berikut ini daftar makanan yang buruk untuk kesehatan anak :

1. Makanan siap saji/fast food
Banyak Restoran siap saji menyediakan makanan seperti burger, hotdog, Pizza, french fries ( kentang goreng ), Fried chicken, dll. Dimana makanan tersebut tinggi akan kadar kalori dan lemak, bahkan pengawet. Sering mengkonsumsi makanan tersebut dapat menyebabkan anak menjadi obesitas dan mudah terkena penyakit diabetes, jantung dan kanker.

2. Makanan Manis
Makanan yang Mengandung banyak gula tidak baik untuk kesehatan anak, mulai dari obesitas, diabetes dan kerusakan gigi. Makanan ringan seperti permen, kue, es krim dll tidak ada nutrisi sehat yang terkandung di dalamnya, kecuali terdapat rendah gula pada label. Apabila anda suka membuat kue/cemilan sendiri, kurangi kadar gula dalam porsinya.

3. Makanan beku
Makanan Beku seperti nugget dan sosis tidak baik untuk kesehatan anak. Memang mudah dalam menyajikan makanan tersebut, tinggal goreng selesai. Namun apakah anda sadar dalam setiap makanan beku terdapat zat kimia sebagai bahan pengawet. Apabila anak anda menyukai nugget atau sosis, Anda dapat membuat nugget/sosis sehat sendiri di rumah dengan bahan yang lebih sehat dan tanpa bahan pengawet.

4. Soft drink/soda
Kandungan minuman berkabonasi dengan kadar gula yang tinggi membuat anak-anak menyukainya. Namun hal ini tidaklah baik untuk kesehatannya. Berikan minuman sehat untuk anda seperti air putih atau susu.

5. Jajanan jalanan
Banyak jajanan di jalan (terutama disekolah) dengan bentuk dan warna yang menarik anak untuk mengkonsumsinya. Biasakan membekalkan makanan dari rumah agar mereka tidak jajan sembarang, informasikan juga anak anda tentang bahaya jajanan makanan dijalan.

Sudah saatnya Anda memulai merubah kebiasaan makanan Anda dengan makanan yang sehat. Luangkan waktu untuk membuatkan makanan sehat untuk anak. Makanan yang Anda buat sendiri sudah jelas lebih sehat dan pastinya terbebas dari bahan kimia seperti bahan pengawet.

MORE TIPS HERE:

Tags: , , ,

Category: Dapur Cantik

About the Author ()

Info Dapur adalah blog komunitas yang menyajikan berbagai info penting dan menarik seputar dapur yang sehat, makanan sehat, tips masak, tips dapur dan sebagainya. www.facebook.com/infodapursehat

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.