Cara Memilih Buah dan Sayuran Segar

| April 11, 2012 | 2 Comments

cara memilih buah dan sayuranSejak kita masih di bangku sekolah, kita di ajarkan untuk mengkonsumsi makanan yang bervitamin seperti buah dan sayuran. Maupun di bakan secara langsung atau di masak. Namun anda juga harus cermat dalam milih buah dan sayuran tersebut, agar dalam kondisi segar dan sehat, anda akan dapat meraih manfaat dari nutrisi yang terkandung di dalam buah dan sayur. Otomotis, buah dan sayu dalam kategori tersebut juga aman dikonsumsi.

Oleh karena itu, tips pertama adalah Cara Memilih Buah dan Sayuran Segar Dengan Cermat. Berikut informasinya :

  • Buah tampak segar
  • Tingkat kematangan yang cukup
  • Warna kulit buah cerah
  • Bentuk buah bagus
  • Tidak ada bekas serangan hama dan penyakit
  • Kulit buah bersih dan mulus
  • Aroma buah harum

Yang kedua adalah dengan mengikuti resep efektif untuk memilih sayur mayur yang segar. Pada umunya, serupa dengan memilih buah segar, faktor penting yang perlu diketahui adalah tampak kesat, beraroma segar,warna cerah,dan memilih bentuk yang bagus.

Untuk kategori bawang yang segar adalah yang kondisinya tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah serta tidak keriput. Untuk sayur yang berbentuk daun, pilihlah yang tulang daunnya tampak jelas dan batang daun mudah patah. Dan untuk sayuran umbi, Anda dapat mencari kulit umbi yang tidak memar, tidak berlubang, fisiknya cukup keras, dan tidak berair.

Ada baiknya jika anda menghindari bila sayur sudah berwarna kusam dan daunnya layu serta warnanya telah menguning. Apalagi jika disertai dengan bentuk fisiknya yang lunak ketika dipegang, layu, berkeriput, dan terlalu berair.

Untuk lebih detailnya, ini adalah contoh saat Anda membeli sayur brokoli segar, Carilah brokoli dengan kuncup hijau segar, bebas dari perubahan warna dan noda kotoran. Hindari warna daun yang sudah kekuningan, kondisinya sudah lembab di daun dan tunas, serta mengeluarkan bau khas yang kuat.

Sama seperti brokli, dalam memilih dan membeli wortel yang segar. Carilah dalam warna oranye cerah, permukaan halus, dan bentuknya padat. Jika kebetulan Anda membeli wortel dengan pucuk daun, pastikan daunnya berwarna hijau. Hindarilah apa bila kondisi wortel berubah warna cokelat dan berbintik-bintik kecil.

MORE TIPS HERE:

Tags: , ,

Category: Tips Masak

About the Author ()

Info Dapur adalah blog komunitas yang menyajikan berbagai info penting dan menarik seputar dapur yang sehat, makanan sehat, tips masak, tips dapur dan sebagainya. www.facebook.com/infodapursehat

Comments (2)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. Iqbal Bin Sutan Muncak says:

    semoga sehat tubuh sehat rohani yah,,,,,,,,,,,,,, forever young ,,,,,,

  2. Sehat jasmani, sehat rohani dan sehat kantongnya…………..
    ini dia kuncinya http://www.dbcn-sehatberduit.com/?id=MomCare.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.